Burung Cucak Rowo

Cucak Rawa atau biasa orang menyebutnya dengan nama cucak rowo mempunyai nama latin Pycnonotus zeylanicus (Gmelin, 1789) dan dalam bahasa Inggris kerap dinamai Straw-headed Bulbul, dan Straw-crowned Bulbul. Burung pengicau dari famili Pycnonotidae ini dikenal sebagai burung bersuara mewah dan khas dan merupakan burung populer di indonesia. Harga Burung Cucak Rowo sangat melambung tinggi dan relative stabil, beda dengan harga burung yang naik pada masanya dan akhirnya harganya terjun bebas seperti burung love bird dan kenari
Suara kicau burung Cucak Rowo sebenarnya kurang variatif dibanding jenis burung kicau lainnya seperti murai batu, cucak ijo, kacer dll. Tapi, penilaian burung cucak rowo bagi para pencinta burung kicau, suara burung ini dikenal membahana, khas, dan mempunyai daya tarik tersendiri. 
Di Indonesia terdapat sekitar 27 jenis, terutama terkonsentrasi penyebarannya di Indonesia bagian barat. Hanya dua spesies yang menyebar jauh hingga ke Sulawesi Selatan, salah satunya juga didapati di Lombok. Namun keduanya diduga menyebar karena dibawa manusia (feral, burung lepasan yang kemudian berkembang biak). Akan tetapi anehnya ada satu jenis anggota suku ini yang menyebar terbatas (endemik) di pulau-pulau sekitar Sulawesi dan Maluku, yakni Brinji emas (Alophoixus (Hypsipetes) affinis). 
Bahkan karena hidup di wilayah kepulauan yang terisolir satu sama lain selama jutaan tahun, spesies ini telah berkembang menjadi sembilan subspesies yang berbeda. Beberapa contoh anggota suku merbah ini selain cucak rawa (Pycnonotus zeylanicus) adalah Cucak kuning (P. melanicterus), Cucak kutilang (P. aurigaster), Cucak gunung (P bimaculatus), Merbah cerukcuk (P. goiavier), Merbah belukar (P. plumosus) dan Empuloh janggut (Alophoixus bres).
Burung Cucak Rowo/Cucak Rawa sebenarnya tidak termasuk burung yang piawai meniru suara kicauan burung lain tidak seperti burung murai batu atau burung jalak yang pandai meniru sura burung lain. Burung berukuran sekitar 28 cm dengan ekor sepanjang 9 cm ini merupakan burung asli Indonesia dan juga negara di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Myanmar, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Di alam Indonesia habitat burung cucak rowo tersebar secara alami di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

0 comments:

Post a Comment