Kandang Ideal Untuk Beternak Cucak Rowo

Sebelum memulai membudidayakan burung cucak rowo anda harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk beternak cucak rowo poin-poin yang yang perlu diperhatikan sudah saya tuliskan pada artikel sebelumnya. Bagi anda yang belum sempat membaca silahkan anda baca disini
Dalam beternak kandang merupakan hal mendasar yang sangat penting. Kenapa begitu?? Bayangkan saja ketika anda berada pada rumah yang kurang nyaman apakah anda betah?? Pasti anda tidak akan betah kan. Nah begitu juga dengan yang namanya burung. Kandang untuk beternak dan kandang untuk gantangan sangatlah berbeda. Kalau kandang untuk gantangan cukup dengan kandang burung seperti pada umumnya. Tetapi untuk kandang beternak itu membutuhkan tempat yang luas dan usahakan kandang seperti alam habitat aslinya. Kalaupun anda tidak bisa membuat kandang yang seperti habitat aslinya, setidaknya anda ukuran kandang luas dan jauh dari predator atau lalu lalang manusia. Untuk menghindari burung cucak rowo stres biasanya para penangkar burung cucak rowo membuat dinding kandang dengan tembok yang menutup rapat semua dinding, pada dinding hanya terdapat pintu yang sekiranya cukup untuk masuk orang dan pintu kecil untuk memberikan pakan setiap hari dan untuk atap terbuat dari ram kawat. Kandang didesain berbeda dengan burung lain dikarenakan burung cucak rowo rawan sekali dengan stres dan untuk meminimalisir itu dibuatkan kandang tertutup dengan tujuan agar burung tidak melihat kondisi diluar, sehingga kecil kemungkinan burung stress. Untuk memantau burung biasanya para peternak menggunakan bantuan CCTV. 2 CCTV untuk 1 kandang. 1 di pasang untuk bisa melihat keseluruhan kandang dan 1 lagi dipasang pada tempat bertelur burung.
Jika kita berniat untuk serius membudidayakan cucak rowo, maka kita perlu menyiapkan tempat-tempat penangkaran atau kandang yang ideal untuk memelihara cucak rowo. Untuk indukan-indukan cucak rowo, luas kandang yang ideal yaitu sekitar PANJANG = 2 Meter, LEBAR = 1 meter ,TINGGI = 2,5 meter. Setelah mendapatkan indukan jantan dan betina yang pas, maka kita masukan keduanya ke dalam kandang tersebut agar selanjutnya induk induk betina bertelur dan menghasilkan bibit-bibit cucak rowo yang bermutu. Tetapi sebelum memasukan burung kedalam sangkar besar usahakan burung harus melalui proses penjodohan terlebih dahulu.

1 comment: