Bulu Burung Rontok?? Mabung Tahunan atau Mabung Stress??

Sahabat Gubuk Kicau. Apakah anda pernah mengalami kejadian bulu burung anda rontok?? Pasti bagi anda yang merawat burung, pernah mengalami hal yang demikian. Akan tetapi apakah anda tahu penyebabnya? Apakah benar ketika bulu burung rontok itu karena siklus alami tahunan atau karena burung mengalami stress?? Nah tentunya anda penasaran dan ingin mengetahui apa yang terjadi pada burung anda? Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas tentang burung mabung dan cara merawatnya kalau anda belum sempat membaca silahkan anda klik disini.
Untuk memahami burung yang sedang mabung atau molting tentunya anda harus tahu burung tersebut memang mengalami siklus tahunan atau mabung karena stress.

Pengertian mabung tahunan

Mabung atau molting atau biasa disebut dengan ngurak terjadi pada setiap burung. Mabung terjadi ketika burung memasuki bulan ke-7 sampai ke-8 pada bulan itu burung mengalami fase mabung pertama atau awal mabung. Pada bulan ke-10 sampai bulan ke-11 burung selesai mabung dan pada bulan ke-12 burung mengalami rekondisi menjelang top form pada bulan ke-1 lagi.

Pengertian Mabung Karena Stress

Apabila burung selesai mabung dan mengalami mabung kembali dalam jangka waktu yang singkat antara mabung pertamanya maka anda perlu mewaspadainya. Kehidupan normal burung ketika selesai masa mabung maka dia akan mencari pasangannya, membangun sarang, menjaga sarang dan anak-anaknya dan membesarkan anak-anaknya kemudian masa mabung datang lagi. Akan tetapi ketika siklus mabung tidak sesuai dengan semestinya maka burung jantan akan mengalami penurunan kadar hormon testosteron. Hal ini tentu akan mengganggu keseimbangan hormonal sampai ia mendapatkan kembali masa mabung tahunannya. Dan yang pasti akan menggangu masa reproduksinya.

Hal yang menyebabkan mabung karena stress antara lain:
  • Burung mengalami turun mental ketika mendengar ocehan burung lain yang sejenis yang mempunyai suara yang keras atau bisa disebut dengan burung yang sudah mempunyai level suara yang maksimal sedangkan burung ini belum bisa menyamai burung yang lagi top perform tersebut.
  • Burung diganggu dengan hewan pengganggu seperti tikus, kecoa, cicak dll sehingga mengakibatkan burung takut ketika burung mau menghindar dari binatang tersebut tidak bisa dikarenakan terbatas dengan dinding sangkar.
  • Pemberian vitamin yang tidak cocok dengan burung. Usahakan untuk pertama kali mencoba memberikan vitamin pada burung, sediakan 2 wadah air minum. 1 wadah berisi air biasa dan 1 wadah berikutnya berisi air yang sudah dicampurkan vitamin. Dengan tujuan agar burung bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya.
  • Burung yang terkena goncangan terlalu keras. Maksudnya sangkar terkena hembusan angin yang begitu kencang dan mengakibatkan sangkar bergoyang begitu keras sehingga menimbulkan ketakutan pada burung.
Untuk merawat burung yang mengalami mabung stress menurut saya sama saja seperti merawat burung mabung tahunan, bisa anda baca pada artikel sebelumnya yaitu merawat burung mabung.
Demikian tadi artikel saya hari ini semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment