Daftar 8 Macam Jenis Love Bird

Love Bird termasuk keluarga burung paruh bengkok seperti contoh parkit, pallek, nuri dll. Mungkin hampir 2-3 tahun yang lalu love bird sempat naik daun dan mempunyai harga yang begitu melambung tinggi bahkan harganya sampai puluhan juta. Seiring bertambahnya peminat burung lovebird dan peternak love bird maka love bird mengalami penurunan harga. Harga yang semula sampai puluhan juta kemudia terjun bebas ke level harga ratusan ribu. Banyak peternak love bird yang gulung tikar tetapi juga masih banyak juga yang tetap meneruskan memelihara dan beternak love bird. Mereka tetap memelihara atau beternak love bird dikarenakan mereka terlanjur suka dengan burung tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 8 macam burung love bird

1. Lovebird leher kuning
Lovebird leher kuning atau dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis personata berukuran sekitar 14 cm. lovebird jenis ini disebut juga masked lovebird atau yellow collared lovebird. Burung ini memiliki ciri khusus : tubuh berwarna hijau, kepala hitam, leher kuning, paruh merah, dan lingkaran mata berwarna putih. Lovebird leher kuning berasal dari daerah Tanzania Utara, Burundi dan Kenya. Lovebird leher kuning atau masked lovebird ini memiliki jangkauan terbang yang tidak terlalu jauh. Lovebird leher kuning mampu terbang hingga ketinggian 1.650 meter. Mereka bisa hidup dimana saja dari padang rumput hingga pegunungan.

2. Fischer Lovebird
Fisher lovebird atau dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis fischeri berukuran 14 cm. Tubuh berwarna hijau dengan semburat kuning – oranye di bagian leher, paruh merah, serta lingkaran mata putih. Burung ini berasal dari Tanzania utara.

3. Lilian lovebird
Lilian Lovebird yang dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis lilianae berukuran sekitar 13 cm. Burung in sering juga nyasa lovebird. Tubuh berwarna hijau, kepala oranye, paruh merah, serta lingkaran mata berwarna putih. Lilian lovebird mampu terbang hingga 1.900 meter. Kelompok – kelompok kecil lovebird spesies ini sering ditemui di beberapa pegunungan di Malawi.

4. Lovebird Muka Hitam
Lovebird muka hitam yang dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis nigregenis berukuran sekitar 14 cm. burung ini disebut juga black cheeked lovebird. Tubuh berwarna hijau, muka kecoklatan – hitam, paruh merah dengan pangkal paruh keputihan, dan lingkar mata berwarma putih. Lovebird ini berasal dari Zambia.

5. Lovebird mawar
Lovebird mawar dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis roseicollis. Lovebird jenis ini disebut peach – faced lovebird atau rosy – faced lovebird. Burung ini berukuran sekitar 15 cm. tubuh berwarna hijau, muka orange, ada semburat biru di bagian belakang, serta paruh yang berwarna putih pucat. Di alam liar, lovebird mawar tinggal di daerah daerah pegunungan. Ia mampu terbang hingga ketinggian sekitar 1.500 meter. Kelompok – kelompok kecil lovebird spesies ini sering ditemui di beberapa pegunungan di Namibia, Afrika Selatan dan Angola.

6. Abyssinian Lovebird
Abyssinian lovebird dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis taranta. Lovebird jenis ini disebut juga black – winged lovebird ini berukuran 17 cm. Tubuh berwarna hijau, paruh merah, beberapa bulu sayap berwarna hitam. Pada burung jantan, terdapat warna merah di dahinya, sedangkan betina seluruh kepalanya berwarna hijau. Selain makan biji – bijian, abyssinian lovebird juga suka memakan serangga. Black – winged lovebird berasal dari Etopia Abyssianian lovebird sering terlihat terbang di dalam kelompok – kelompok kecil ( sekitar 4 – 20 burung ). Kemampuan terbang Abyssinian lovebird, yaitu mampu terbang hingga 3.000 meter.

7. Lovebird kepala merah
Lovebird kepala merah yang dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis pullarius. Lovebird jenis ini memiliki nama lain red – headed lovebird atau red – faced lovebird. Lovebird jenis ini berukuran sekitar 15 cm. tubuh berwarna hijau dengan wajah berwarna merah. Warna merah ini tampak lebih gelap pada burung betina. Red faced lovebird berasal dari Afrika Tengah. Lovebir
d jenis ini adalah yang paling banyak ditemui di alam bebas. Berbeda dengan jenis lain, lovebird jenis ini adalah “ pejalan kaki terbaik “ dibandingkan dengan lovebird jenis – jenis yang lain.

8. Lovebird kepala abu – abu
Lovebird kepala abu – abu atau yang dalam bahasa ilmiah disebut Agarponis canus. Lovebird jenis ini berukuran sekitar 13 cm. lovebird kepala abu – abu sering disebut juga grey – headed lovebird atau madagascar lovebird. Tubuh berwarna hijau, serta hijau tua pada tubuh bagian belakang, dengan peruh berwarna putih pucat. Pada burung jantan bagian kepalanya berwarna abu – abu. Sedangkan pada burung betina berwarna hijau. Lovebird kepala abu – abu atau madagascar lovebird ini berasal dari Madagaskar.

1 comment:

  1. wah cantik lovebirdnya,,,pengen punya

    salam lovebirdmania ..

    ReplyDelete