Cara Efektif Menjodohkan Jalak Suren

Dalam hal beternak pasti hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari calon indukan untuk syarat mencari indukan itu rata-rata sama dengan burung lain, pada tempo hari saya sudah menuliskan artikel tentang penjodohan murai batu. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang cara mencari indukan. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang cara menjodohkan jalak suren. Hal yang utama yang perlu diketahui dalam menjodohkan burung jalak suren adalah burung dalam keadaan cukup umur dan pastikan jalak suren berkelamin jantan dan betina. Jika sudah lengkap semua, yaitu positip jantan dan betina. Berikut cara menjodohkannya. 
  1. Untuk yang pertama kita perkenalan dulu antara jantan dan betina dengan cara mendekatkan kedua sangkar antara jantan dan betina, amati perkembangan tingkah laku kedua insan burung yang sedang berkenalan tersebut hehehe....
  2. Setelah perkenalan dan untuk mengetahui kira-kira burung tersebut sudah mau berjodoh atau belum bisa kita lihat pada tingkah lakunya. Ciri-ciri burung tersebut sudah mau berjodoh adalah jika kedua burung sudah saling melirik dan burung berusaha mendekati lawan jenisnya berarti sudah berhasil untuk tahap awal. Biasanya burung yang berada di dalam sangkar akan menepi terus, menepi kearah sangkar yang satunya dan kadang-kadang sambil beraksi dengan ocehannya. Jika tingkah laku burung yang satu menanggapi dengan tingkah laku yang serupa dan sudah mau membalas ocehannya maka bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu burung bisa dicoba ditaruh dalam satu sangkar. Untuk waktu penyatuan dalam sangkar tidak bisa diprediksi 1 minggu 2 minggu atau bahkan 1 bulan cepat atau tidaknya penjodohan burung tergantung dari birahi burung tersebut.
  3. Setelah dijadikan satu sangkar dan tidak berkelahi maka besar kemungkinan burung tersebut sudah berjodoh dan siap untuk ditempatkan kedalam kandang besar.
  4. Setelah masuk kandang besar tetap pantau terus perkembangan dari tingkah laku burung tersebut. Jika sudah akur dan mau bersahut-sahutan dalam hal berkicau maka sudah tinggal menunggu saja hasilnya. Jangan lupa bahan sarang seperti ranting-ranting kecil di siapkan juga dengan menebarnya dibawah kandang atau di lantai kandang. Jika burung sudah birahi dan siap kawin maka bahan sarang tersebut di angkut sendiri oleh si burung untuk di taruh dalam box sarang.
Mungkin demikian tadi cara menjodohkan burung jalak suren. Setiap peternak pasti mempunyai trik sendiri-sendiri dalam hal menjodohkan. Yang saya tulis disini merupakan cara umum yang biasa dilakukan orang-orang.

0 comments:

Post a Comment