Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Beternak Burung Cucak Rowo

Bagi pecinta burung kicau, siapa yang tidak tahu dengan burung yang satu ini. Burung yang mempunyai suara yang khas dan bisa mencuri perhatian bagi siapa saja yang mendengarkan kicauannya. Bagi orang pemula yang baru saja suka dengan dunia burung mungkin wajar kalau belum tahu bagaimana bentuk sosok burung yang istimewa ini. Kalau anda ingin mengetahuinya silahkan baca artikel saya tentang burung cucak rowo yang pernah saya tulis kemarin. Sesuai dengan judulnya yaitu beternak Burung Cucak Rowo maka dalam beternak cucak rowo ada Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Beternak Burung Cucak Rowo. Kriteria sebagai calon untuk induk yang baik antara lain: 
  1. Fisik sempurna dan sehat, mutu dan kualitas burung haruslah baik. 
  2. Usia pejantan dan betinanya sudah siap untuk kawin 
  3. Mempunyai gen keturunan yang baik. Untuk mengetahui burung cucak rowo yang baik bisa anda baca di artikel tips memilih cucak rowo.
Selain dari faktor burung anda juga harus memperhatikan bagaimana membuat kandang yang nyaman bagi burung cucak rowo. Karena kenyamanan kandang juga sangat berpengaruh dalam proses berhasil atau tidaknya dalam beternak Cucak Rowo. Kandang atau sangkar penangkaran ini digunakan untuk tempat menangkarkan atau mengembangbiakan pasangan cucak rowo yang sudah siap untuk dikawainkan. Karena itu anda harus dapat membedakan kandang atau sangkar untuk pemeliharaan dan yang digunakan untuk penangkaran. Kandang penangkaran yang biasa digunakan dalam ternak cucak rowo umumnya terbuat dari kayu yang kuat, tahan lama dan tidak mudah lapuk. Untuk lantai dasarnya terbuat dari batu kerikil, batu kali, batu apung atau tanah. Hal demikian perlu dilakukan dengan alasan supaya kandang ternak menyerupai habitat aslinya dan diharapakan agar burung merasa nyaman didalam kandang dan bisa melakukan reproduksi. Dan usahakan tempat kandang jauh dari lalu lalang orang atau jauh predator.

0 comments:

Post a Comment