Mengapa Aku Diburu...?? Aku Juga Ingin Hidup Bebas

Alam yang indah tidak lengkap rasanya kalau belum ada suara hewan yang berada di alam liar. Seperti suara burung yang indah ketika terdengar di telinga menambah kealamian di alam ini. Hal itu mungkin sekarang sudah jarang sekali bisa kita rasakan, karena burung yang hidup di alam liar mulai ditangkap oleh pemburu dan diperjual-belikan. Sedikit demi sedikit burung dialam liar mulai berkurang dan akhirnya ekosistem di alam liar mulai tidak seimbang dan alam pun menjadi tidak bersahabat dengan kita. Kalau sudah begini siapa yang mau disalahkan?? Apa Pemburu? Pemburu mempunyai alasan mereka menafkahi keluarga karena kerja yang bisa dilakukan hanya itu dan mereka berburu karena ada orang yang ingin membeli. Berarti si penghobi burung yang perlu disalahkan? Penghobi burung juga tidak bisa disalahkan, mereka kadang juga tidak tahu burung itu dari alam liar atau dari peternakan. Apa pemerintah atau pengusaha yang perlu disalahkan?? Karena mereka tidak memperkerjakan orang-orang sehingga banyak orang yang melakukan pekerjaan apa saja, seperti contoh memburu burung di alam liar?? Pemerintah atau pengusaha juga tidak bisa disalahkan mereka juga punya kriteria orang yang bagaimana bisa dipekerjakan apa jadinya kalau lembaga pemerintah atau perusahaan tidak ada kriteria untuk pekerjanya.
Ah Sudahlah tidak perlu menyalahkan orang lain, kita seharusnya mengkoreksi diri sendiri. Lakukan sesuatu yang bermanfaat di sekitar kita, baik untuk orang maupun untuk alam disekitar kita. Kalaupun anda memburu burung perhatikan untuk kelangsungan alam sekitar, jangan tiap hari diburu alangkah lebih baik lagi kalau anda memburu untuk diternak dan yang dijual bukan hasil buruan tetapi hasil dari ternak dan ketika hasil ternak sudah banyak jikalau anda mau membebaskan burung untuk menjaga keseimbangan ekosistem itu saya rasa anda sudah berbuat hal yang bermanfaat. Tetapi ketika anda membebaskan burung dari hasil ternak jangan langsung anda lepaskan begitu saja, karena burung hasil ternak belum tahu caranya mencari makan sendiri di alam liar. Ajarkan terlebih dahulu burung yang akan anda lepaskan, buat dia seperti di alam liar dengan menyediakan kandang besar dan di setting layaknya alam bebas. Setelah burung dianggap sudah bisa dilepas di alam bebas maka burung siap untuk dilepas. 
Untuk penghobi burung pun jadilah penghobi yang baik, jangan suka membeli burung yang didapat dari hasil buruan. Alangkah lebih baik lagi anda membeli di penangkaran burung. Dengan membeli burung dipenangkaran anda bisa juga untuk melihat silsilah burung tersebut. Dari mana asal induknya, bagaimana kualitas induknya. 
Maaf apabila ada salah kata dalam penulisan, maaf kalau ada yang tersinggung dengan tulisan ini. Tulisan ini murni curahatan saya, karena sekarang sudah jarang sekali melihat burung beterbangan, apa jadinya kalau alam ini tidak ada burung yang bebas. Pada saat sekarang untuk melihat burung gereja saja, sudah tidak bisa melihatnya terbang di alam liar, apalagi burung lain yang harganya jauh lebih tinggi sudah tentu pasti itu hal langka yang bisa dilihat di alam bebas. Ya Semoga semua sadar dengan hal itu dan mau memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya. 
Salam Gubuk Kicau

0 comments:

Post a Comment