Persilangan Burung Kenari Dengan Burung Goldfinch

persilangan kenari dan goldfinchSalam sobat Gubuk Kicau, pada kesempatan yang lalu saya sedikit membahas tentang burung yang mempunyai kemiripan dengan burung kenari, burung yang saya maksud adalah burung Goldfinch bagi anda yang belum sempat membaca tentang burung goldfinch silahkan anda klik disini. Nah kalau anda sudah tahu tentang burung goldfich maka apa jadinya kalau burung tersebut disilangkan dengan burung kenari?? 
Hybird adalah julukan atau sebutan dari persilangan Burung Goldfinch dengan Burung Kenari. Di Eropa sana jenis finch yang sering dikawin silangkan adalah jenis burung Gold Finch atau Finch Emas dan juga Green Finch atau Finch Hijau dari hasil persilangan kenari dengan burung Finch ini maka akan menghasilkan burung yang diberi nama Kenari Mule. Dalam membuat persilangan anatara kenari dengan goldfinch itu sebaiknya menggunakan burung kenari betina dengan warna yang cerah misalnya kuning, tujuannya untuk mengimbangi warna gelap dari Goldfinch. Dari hasil persilangan tersebut dihasilkan burung yang biasanya memiliki bulu gelap kehijauan. Kenari mule lebih unggul dalam hal suara dan jenis bulunya, suara kicauannya lebih bervariasi. Walaupun kenari mule lebih unggul dalam segi suara kicauan ataupun bulunya, kenari mule mempunyai kekurangan. Kenari mule sulit sekali dikembang biakkan dengan sesama kenari mule dikarenakan kenari mule mempunyai sifat steril.
Untuk cara perkawinan silang kenari dengan goldfich ada beberapa tahap, diantaranya sbb:
  • Yang pertama kali yang harus dilakukan adalah memastikan terlebih dahulu jenis kelamin kedua burung, dianjurkan untuk sang jantan adalah burung goldfinch dan betina burung kenari.
  • Umur kedua burung diharuskan sudah waktunya untuk dikembang biakkan yaitu antara 7-8 bulan ke atas.
  • Jangan langsung menjadikan satu antara kedua burung. Tempatkan burung kedalam kandang bersekat atau kalau anda tidak mempunyai kandang bersekat bisa disiasati dengan menempatkan kedua burung dalam dua kandang dan ditempatkan saling berdekatan sehingga burung bisa melihat satu dengan yang lain.
  • Setelah burung sudah memberikan tanda-tanda berjodoh satukan dalam satu kandang akan tetapi tetap diamati bagaimana sikap burung, kalau burung masih berkelahi pisahkan lagi. Lakukan proses seperti itu sampai burung benar-benar berjodoh.
  • Siapakan tempat atau bahan pembuat sangkar ketika burung kenari betina sudah masa produksi dan dekatkan kenari betina di sangkar kemudian buka sekat atau dijadikan satu menjadi satu kandang agar burung Finch bisa mendekatinya dan melakukan reproduksi.
  • Ketika burung sudah berjodoh lebih baik kita jangan terlalu dekat dengan burung karena burung Finch merupakan burung yang pemalu, biarkan dia melakukan ritual kawin. Kita bisa memperhatikan burung dari kejauhan.
  • Setelah masa reproduksi selesai segera pindahkan burung Goldfinch kesangkarnya dan sekarang tinggal menunggu kenari betina bertelur. 
  • Untuk masa pengeraman telur sama seperti burung lain kira-kira 14-16 hari.
Berikut tadi sedikit penjelasan tentang persilangan kenari dengan goldfich dan menghasilkan kenari yang bernama kenari mule.
Sekian dulu, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment