Mengenal Burung Perkutut

Hai sobat Gubuk Kicau, siapa yang tidak mengenal dengan burung yang satu ini, burung yang mempunyai suara kicau atau untuk jenis burung seperti ini ketika berbunyi orang-orang sering menyebutnya dengan istilah manggung. Saya tidak tahu pasti apa perbedaannya antara kicau dengan manggung, mungkin bisa anda tanyakan dengan ahli bahasa ya hehehehe....
Banyak orang yang mengatakan bahwa burung yang satu ini kental banget dengan mistik katanya burung ini bisa mendatangkan rejeki dan ada yang membawa malapetaka. Didaerah tertentu, bisa anda jumpai hampir di setiap toko emas pasti ada burung perkutut lokal dan burung perkutut putih yang di taruh dipojok-pojok toko. Saya tidak tahu apa alasan pemilik toko menaruh burung perkutut lokal dan perkutut putih di tiap pojok toko. Sudahlah saya tidak mau membahas mistis tentang burung perkutut. Saya tidak tahu pasti burung perkutut berasal dari daerah mana? Burung perkutut banyak digemari oleh orang tua kadang juga ada anak muda yang suka dengan burung perkutut. Burung perkutut mempunyai suara yang merdu, suara manggung burung perkutut hampir sama seperti burung tekukur atau ada juga yang menyebutnya dengan burung derkuku. Burung perkutut merupakan burung yang bisa untuk dijadikan burung lomba dan harga burung perkutut bermacam-macam, mulai harga puluhan ribu hingga ratusan juta tergantung bagaimana kualitas burung perkutut tersebut. Sampai detik ini saya tidak tahu pasti alasan apa yang membuat burung perkutut bisa dijual hingga ratusan juta ada yang bilang alasan burung perkutut bisa mencapai harga ratusan juta dikarenakan ketukan suaranya. Untuk lebih jelasnya anda bisa bertanya pada orang yang benar-benar tahu tentang burung perkutut karena yang saya tahu hanya pengetahuan yang pada umumnya diketahui penggemar burung perkutut.

Apa Makanan Burung Perkutut??
Burung perkutut adalah pemakan biji-bijian seperti contoh milet, ketan hitam dll. Untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus burung perkutut diberi multi vitamin seperti madu, telur dan jahe. Untuk memberikan multi vitamin itu biasanya dicampur kedalam makanannya. Yang pasti melalui proses dimasak. Karena kalau kita langsung mencampur madu kedalam makanannya maka makanan akan lengket dan akhirnya burung tidak mau makan. Seperti pengalaman yang pernah saya lihat ketika ayah saya membuat makanan untuk burung perkutut adalah dengan mencampur madu, telur dan jahe kedalam milet kemudian dimasak menggunakan kompor. Setelah madu, telur dan jahe tercampur maka pakan tersebut ditiriskan kemudian dijemur selama beberapa hari sampai pakan benar-benar kering. Seandainya pakan tidak kering maka pakan akan mudah tumbuh jamur dan akibatnya berbahaya bagi burung tersebut.

Berapa Umur Burung Perkutut??
Mungkin ada yang mempertanyakan sampai berapa tahun burung perkutut ini bisa hidup?? Burung perkutut ini bisa hidup sampai kurang lebih 30 tahun. Mungkin angka 30 tahun bagi burung merupakan umur yang sangat lama dibandingkan dengan burung yang lain.


0 comments:

Post a Comment