Memilih Burung Perkutut Ombyokan

Hai Sobat Gubuk Kicau, kalau kemarin saya membahas bagaimana Mengenal Burung Perkutut sekarang kita akan tentang kelanjutannya yang kemarin yaitu Memilih Burung perkutut Ombyokan. Bagi para pemula saya sarankan ketika ingin membeli burung perkutut usahakan yang sudah dewasa dan sudah diletakkan pada sangkar sendiri dan sudah tahu jenis kelamin perkutut tersebut dan sudah bisa dipastikan burung perkutut yang sudah ditaruh sangkar sendiri itu harga sudah berbeda dengan burung perkutut yang masih ombyokan atau masih ditaruh disangkar besar. Saya menyarankan pada penghobi pemula dikarenakan membedakan burung perkutut jantan dan burung perkutut betina itu agak sedikit sulit, perbedaan yang dimiliki oleh jantan dan betina itu hampir mirip. Mungkin bagi para penghobi yang sudah senior itu perkara yang mudah. Bahkan para penghobi senior itu cuma hanya dengan melihat burungnya saja mereka sudah bisa menebak jenis kelaminnya. Jadi saya sarankan kalau anda ingin membeli burung ombyokan ajak teman yang lebih tahu dengan burung perkutut tersebut atau bisa juga membeli kepada penjual yang sudah dikenalnya. Akan tetapi kalau memang anda terpaksa beli sendirian karena gak punya teman yang mempunyai hobi yang sama dan juga tidak ada kenalan penjual burung yang bisa dipercaya, disini saya akan sedikit membantu anda untuk menuliskan ciri-ciri burung perkutut jantan  dan betina pada umumnya. Berikut ini adalah ciri-cirinya :
  • Perkutut jantan memiliki bola mata besar dan kepala yang lebih besar dibandingkan betina.
  • Capit udang atau biasa orang menyebutnya dengan supit udang, perkutut jantan umumnya mempunyai Capit udang lebih rapat dan tebal dibandingkan betina (namun tidak 100% pasti begitu). Capit udang bisa anda raba pada perut perkutut dan posisinya berada pada antara tulang dada dan dubur perkutut. Rasanya seperti 2 buah tulang yang berpangkal dibagian pinggir badannya dan keduanya berujung ketengah-tengah.
  • Suara perkutut jantan lebih lantang dan lebih ngebas pada umumnya. Tapi seringkali ditemukan perkutut betina bersuara ngebas. Perkutut jantan lebih aktif manggung jika sudah dewasa.
  • Wajah perkutut jantan jika telah dewasa lebih terlihat terang dibandingkan betina. Namun hal ini tidak terlihat pada perkutut piyik yang masih berbulu coklat.
  • Jari kaki perkutut jantan tampak lebih panjang dan kokoh.
  • Tubuh perkutut jantan lebih besar, panjang dan atletis sedangkan yang betina terlihat sedikit bulat dan kecil.
Nah demikian tadi ciri-ciri untuk membedakan burung perkutut jantan dan betina. Ingat ciri-ciri diatas belum tentu 100% benar mungkin bisa bleset sedikit hehehe.....
Semoga bermanfaat..... Salam Gubuk Kicau

0 comments:

Post a Comment