Burung Perkutut Yang Bagus

Salam sobat Gubuk Kicau, mempunyai burung yang rajin bunyi dan mempunyai suara yang bagus adalah idaman bagi semua penghobi burung. Entah itu burung kicau atau burung manggung. Apa ya perbedaan antara kicau dan manggung??? Menurut saya kalau burung kicau itu seperti Murai Batu, Kacer, Kenari, Jalak dll. Kalau burung manggung itu seperti Perkutut dan Tekukur. Mungkin pendapat saya salah jadi jangan dihiraukan tentang jawaban perbedaan kicau dan manggung, silahkan cari saja di google atau bisa bertanya pada ahli bahasa hehehehehe.....
Kalau kemarin anda menyimak tentang artikel saya tentang Burung Perkutut kemudian Memilih Perkutut Ombyokan nah pada artikel ini adalah kelanjutan atau sambungan dari artikel sebelumnya itu. Pada Kesempatan kali ini saya ingin membahas bagaimana mengenali Burung Perkutut Yang Bagus??? Artikel ini bukan dari pengalaman pribadi tetapi artikel ini saya rangkum dari cerita penghobi burung perkutut dan juga rangkuman dari beberapa blog atau web yang membahas tentang burung perkutut. Dalam mengenali burung yang bagus pasti ada ciri-ciri yang menunjukkan bahwa burung tersebut bagus seperti contoh:

Ciri-ciri dari bentuk kepala
Burung perkutut yang bentuk kepalanya njambe nom ( seperti buah jambe atau pinang yang masih muda ), diperkirakan mutu suaranya bisa ngepol ( maksimal ) dan keindahan suara tersebut akan terus bertahan sampai burung berusia tua.

Ciri-ciri dari bentuk badan
Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya ngepel ( seperti buah kapel / burahol ) dan bentuk badannya tuntut gedang ( seperti kuncup bunga pisang ) serta bentuk ekornya meruncing dengan garis - garis bulu yang jelas, burung ini bisa diharapkan tengahnya ( ketek ) bisa terdengar jelas dan baik.
Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya nggabah ( seperti gabah atau butiran padi ) dan bentuk badannya nongko sanglundung ( seperti buah nangka ) serta bentuk ekornya panjang dengan garis - garis bulu yang jelas tapi tumpul, diperkirakan suara tengahnya agak baik.

Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya mapah gedang ( seperti pelepah pisang ) dan bentuk tubuhnya mbluluk ( seperti  pentil atau buah kelapa yang masih sangat muda ) serta bentuk ekornya pendek meruncing, diperkirakan suara tengahnya cukup baik.

menurut artikel yang saya baca di http://perkutut-sby.com
Pada burung perkutut ada beberapa nada suara yang harus diperhatikan yaitu Suara Depan, Suara Tengah dan Suara Ujung

Suara Depan:  Bagian depan suara perkutut banyak macamnya. Namun yang penting adalah harus narik, panjang dan bersih.

Suara Tengah: Suara tengah yang baik adalah yang lengkap, jelas dan bertekanan. Tiap ketukan akan terdengar senggang dan berirama. Hindari suara tengah yang seperti mengambang dan rapat.

Suara Ujung: Suara ujung perkutut yang baik adalah yang bulat, panjang dan mengalun (seperti ada unsur ng). Hindari suara ujung perkutut yang seperti ngerem mendadak dan pendek (kuk) dan sebisa mungkin hindari suara yang noklak (klaak). Suara ujung yang baik akan terdengar seperti kuuung.

Demikian tadi artikel saya mengenai burung perkutut yang bagus semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment