Cara Merawat dan Memandikan Burung Perkutut

Hampir semua burung perlu untuk dirawat dari burung murai batu, cucak rowo, kacer, pleci atau perkutut. Mungkin setiap burung ada yang sama perlakuannya atau perawatannya tapi ada juga burung yang berbeda perlakuannya dalam segi perawatan. Semisal burung yang satu ini yaitu burung perkutut
Dalam segi perawatan burung yaitu untuk memandikan ada cara tersendiri. Untuk memandikan burung perkutut ada beberapa cara yaitu 
  • Pegang badan burung kemudian elus-elus badannya dengan tangan yang basah. Lakukan hal tersebut hingga badan burung cukup basah.
  • Pegang badan burung perkutut kemudian semprot dengan semprotan. Perlu anda ingat semprotan setel terlebih dahulu sehingga tidak menyakiti burung ketika disemprotkan, karena penyemprotan ini jaraknya cukup pendek.
  • Pegang badan burung perkutut kemudian masukkan kedalam air bersihkan semua bulu yang kita anggap kotor.
Untuk menghilangkan kutu pada bulu burung, campurkan air dengan remasan daun sirih dan atau air cucian beras. Untuk waktu yang ideal memandikan burung yaitu ketika panas dirasa cukup untuk mengeringkan bulu burung yaitu pada jam 09.00-14.00 dan setelah memandikan taruh burung ditempat yang terkena sinar matahari sehingga burung bisa mengeringkan bulunya dengan berjemur. Burung perkutut merupakan burung yang doyan dengan panas jadi apabila anda menaruh burung perkutut dari pagi sampai sore di tempat terbuka saya rasa tidak jadi masalah dengan catatan sangkar burung perkutut memang khusus untuk burung perkutut karena sangkar burung perkutut sudah ada tempat penutup diatasnya. Seandainya burung perkutut ditaruh di sangkar biasa (sangkar persegi) jangan sekali-kali menaruh burung ini ditempat terbuka yang terkena panas sepanjang hari walaupun burung perkutut doyan panas akan tetapi burung ini juga mempunyai batas maksimal dia menerima panas matahari kalau dipaksakan setiap hari seperti itu bisa-bisa burung bisa mati.
Seberapa sering burung perkutut harus dimandikan?? Jawabnya adalah berbeda-beda untuk masing-masing perkutut tergantung dari karakter si burung itu sendiri. Untuk perkutut yang tergolong liar, sebaiknya 2 hari sekali di mandikan. Akan tetapi jika perkutut anda tidak liar cukup di mandikan 1-2 minggu sekali saja.
Dalam memandikan burung, entah itu burung apa saja harap untuk melihat kondisi burung. Apabila burung dalam kondisi badan yang kurang fit jangan sekali-sekali memandikannya kalau kita paksa untuk memandikan bisa fatal akibatnya. 
Dengan perawatan yang maksimal diharapkan burung perkutut menjadi burung yang bagus, apalagi memang dasarnya dari keturunan burung perkutut bagus. Mungkin kali ini hanya itu saja yang bisa sampaikan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment