Penyebab Katarak Pada Burung

Setiap penggemar burung atau penghobi burung pasti tidak mau kalau burung peliharaannya menderita sakit, salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh penghobi burung adalah katarak. Penyakit katarak pada burung adalah timbul bercak putih pada mata yang bisa mengakibatkan kebutaan. Penyebab penyakit katarak pada burung dikarenakan oleh beberapa faktor antara lain: Faktor keturunan, Faktor lingkungan dan Faktor kesalahan dalam perawatan. Beberapa faktor penyebab katarak antara lain :

  1. Penjemuran yang berlebihan sehingga burung terkena paparan sinar ultra violet yang berlebihan. Penjemuran sebaiknya dilakukan selama 2 jam saja dan waktu yang baik ketika menjemur pada jam 08.00-10.00
  2. Terkena cahaya lampu yang terlalu terang, oleh karena itu usahakan ketika menaruh burung jangan terlalu dekat dengan lampu.
  3. Mata digigit serangga seperti semut, nyamuk atau serangga kecil lainnya. Usahakan ketika memberi makan berupa kroto pastikan semut merah sudah tidak ada.
  4. Pemberian ekstra food yang berlebihan seperti ulat hongkong atau ulat jerman secara terus-menerus. Berapapun ulat yang anda berikan kepada burung kemungkinan besar burung tetap memakannya jadi untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengira-ngira berapa banyak ulat yang diperlukan oleh burung. Nah untuk yang satu ini biasanya terjadi pada burung kicau seperti murai batu, kacer, cendet dll.
  5. Cakaran atau tusukan benda tajam yang terkena mata burung juga bisa mengakibatkan katarak pada mata burung.
Penyakit katarak bisa menjangkit semua jenis burung maka dari itu sebagai penghobi burung kita harus bisa menjaga atau merawat burung dengan baik agar burung tidak terkena penyakit katarak. Karena penyakit katarak akan mempengaruhi performa burung kita, burung menjadi lesu kurang bergairah dikarenakan penglihatannya yang berkurang dan satu yang membuat pusing penghobi yaitu nilai jual si burung akan menurun drastis sekarang bayangkan saja ketika kita membeli burung dengan harga tinggi tetapi ketika kita ingin menjualnya maka harga burung tersebut terjun bebas.
Sebenarnya obat untuk menyembuhkan katarak pada burung sudah tersedia di toko-toko pakan burung akan tetapi saya belum pernah mencobanya sehingga saya tidak berani untuk merekomendasikannya.
Terima Kasih telah berkunjung di Gubuk Kicau. Semoga tulisan ini bermanfaat

0 comments:

Post a Comment