Memodifikasi Tempat Pakan Love Bird Agar Pakan Tidak Banyak Terbuang

Burung Love Bird atau biasa orang menyebutnya burung Labet mempunyai kebiasaan membuang makanannya, saya sendiri belum tahu kenapa Love Bird membuang makanannya, apa mungkin dia memilih makanan yang layak saja untuk dimakan? atau Bagaimana?? saya sendiri kadang merasa jengkel ketika burung Love Bird saya membuang makanannya. Buang makanannya gak tanggung-tanggung hampir penuh tuh wadah tempat kotoran yang ada dibawah kandang dan ketika saya kumpulin wow ternyata banyak banget. 
Pada suatu ketika saya tidak sengaja melihat orang memodifikasi tempat pakan lovebird yang diupload di media sosial facebook dan saya tertarik untuk membuatnya dan saya ingin share atau berbagi kepada teman-teman semoga yang punya ide kreatif itu ridhodan dihitung sebagai amal kebaikan.
Untuk pembuatannya cukup mudah, yaitu kita bisa menggunakan wadah bekas yang sudah tidak digunakan. 

Bahan-bahan yang perlu disediakan adalah:
  1. Toples bening
  2. Mika/triplek
  3. Lem tembak atau lem plastik
  4. Kawat
  5. Kertas Gosok

Cara pembuatan :
  • Lubangi toples dibagian samping kira-kira jarak dari alas tabung 3-4 cm atau anda bisa kira-kira sendiri berapa tingginya sehingga kepala burung bisa masuk ke dalam toples. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar

  • Gosok dengan kertas gosok lubang yang dibuat tadi atau anda bisa juga untuk sedikit membakar lubang tadi sehingga bekas potongan tadi tidak tajam yang bisa melukai leher burung.
  • Potong mika/triplek dengan lebar ukuran sama dengan diameter toples. Untuk tinggi mika/triplek jangan samakan dengan tinggi toples, Mika ini digunakan untuk sekat pakan.
  • Lem mika/triplek tadi dengan lem tembak atau lem plastik dibagian tengah-tengah toples.
  • Lubangi toples untuk masukknya kawat yang digunakan untuk mengikat toples dengan sangkar agar tempat pakan ini kuat ketika burung menaikinya. 
modifikasi tempat pakan burung lovebird

Gambar diatas adalah penampakan dari pembuatan tempat pakan lovebird. Tetapi perlu diwaspadai dengan menggunakan tempat pakan seperti itu anda harus mengecek kualitas pakan minimal seminggu sekali karena yang ditakutkan adalah pakan akan tumbuh jamur karena kelembaban kandang atau kondisi sekitar kandang. 
Sekian dulu, semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment