Makanan Tambahan Untuk Burung Palek (Cockatiel)

Hai jumpa lagi dengan sobat Gubuk Kicau, Pada kesempatan kemarin saya membahas tentang bagaimana caranya melatih burung paruh bengkok ini atau burung yang biasa disebut oleh orang dengan sebutan burung palek bagi yang belum mengetahui tentang burung lucu dan imut ini silahkan sobat baca pada artikel saya sebelumnya yang membahas tentang burung palek atau sobat bisa klik disini
Makanan burung palek sama sperti burung paruh bengkok pada umumnya seperti lovebird dan parkit, rata-rata orang akan memberi dia dengan pakan milet dan tambahannya jagung. Sebenarnya makanan itu saja sudah cukup akan tetapi vitamin yang terkandung dalam pakan tersebut masih kurang. Karena di alam bebas burung-burung ini akan memakan apa saja yang dikira cocok dan bisa dimakan oleh burung tersebut. Bayangkan saja, seandainya kita yang jadi burung tersebut. Kita tiap hari hanya di kasih makanan yang sama dan tidak bisa pergi kemana-mana, apa kita akan betah atau tahan ketika berada di posisi itu. Begitu juga dengan burung kalau sobat memang pecinta burung seharusnya sobat selalu memikirkan apa saja yang diperlukan burung, bukan cuma diambil suaranya saja atau hanya untuk sekedar punya burung saja. Kalau sobat tipikal seperti itu lebih baik burung di berikan kepada yang suka dengan burung atau bisa juga dengan melepasnya ke alam liar. Tapi ingat ya kalau sobat melepas ke alam liar tolong burung diajari dulu dengan cara hidup dialam liar yaitu dengan membiasakan makanan yang berada di alam liar. Mengapa harus mengajari burung hidup dialam liar?? Nah itu pertanyaan yang sangat bagus sobat. Begini ya sobat burung yang biasa kita beri makan tiap hari kemudian burung tersebut lepas, kecil kemungkinan burung tersebut bisa bertahan di alam bebas, karena dia telah terbiasa mengandalkan pemberian makan dari manusia. Ketika burung itu lepas kecil kemungkinan burung akan hidup, rata-rata burung yang lepas biasanya dia akan terbang disekitar rumah kemudian akan menghampiri rumah yang dikira disitu ada burung yang sama sehingga dia bisa mencuri makanan tersebut.
Wah jadi panjang lebar ngomong masalah burung yang terbang ke alam liar hehehehe.....
Oke kembali ke topik permasalahan makanan tambahan untuk burung palek sama persis dengan burung lovebird.Berikut ini pemetaan pakan pada burung palek :

1. Biji-bijian
Palek menyukai biji-bijian seperti millet putih, biji bunga matahari, jagung, dan biji-bijian lain seperti yang biasa dikonsumsi parkit dan lovebird.
2. Sayuran
Sayuran yang paling disukai palek antara lain tauge atau kecambah, bayam, lobak hijau, brokoli, tomat, parutan wortel, dan ubi-ubian.
3. Buah-buahan
Anda bisa memberikan buah-buahan segar seperti mangga, pepaya, apel, pisang, anggur, atau jeruk. Penting diingat, sebelum diberikan, buanglah biji dari buahnya, karena ada sebagian buah yang bijinya tidak baik jika dimakan burung.
4. Protein dan daging
Sangat baik juga jika burung palek diberikan ikan atau daging ayam dalam jumlah yang sangat kecil. Atau bisa juga dengan memberikan telur rebus atau makanan olahan seperti egg food, yang bisa Anda racik sendiri di rumah.


Ada hal yang lupa belum saya tulis, walaupun bukan pada topiknya tetap saya akan bahas. Masa' sih habis makan tidak dikasih minum hehehehe.... Usahakan sobat untuk pemberian minum menggunakan air yang sudah dimasak. Saya rasa tambahannya itu saja hehehehe.....
Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat. Terima Kasih telah berkunjung di Gubuk Kicau, jangan lupa untuk kembali lagi.

0 comments:

Post a Comment