Emprit Ganthil Yang Unik Dan Mitosnya

Anda mungkin pernah mendengar suara menakutkan yang dihasilkan oleh burung, tetapi anda mungkin juga tidak tahu sosok burung seperti apa yang membuat suasana menjadi mencekam. Suara burung satu ini membuat pikiran kita menjadi takut karena banyak sekali orang yang percaya, ketika di desanya atau di sekitar rumahnya terdengar suara burung ini maka disekitar rumahnya atau didesanya ada orang yang meninggal. 
Apakah benar mitos tentang burung pembawa kabar kematian ini?? Seperti apakah sosok burung ini?? mari kita bahas
Suara burung yang menakutkan ini adalah suara burung emprit ganthil dan katanya ada juga yang menyebutnya dengan nama burung kedasih, tetapi saya juga masih terus mencari tahu tentang burung emprit ganthil dan burung kedasih itu apakah benar apakah satu jenis burung dan hanya penamaanya tiap daerah saja yang berbeda??? kalau saya besok sudah mengetahui perbedaan emprit ganthil dan kedasih maka akan saya tulis di artikel lain. 
Oke kita lanjut kembali ke permasalahan, Sebagian orang menyebut burung ini dengan burung kematian. Saya juga tidak tahu asal muasal kenapa burung emprit ganthil disebut dengan burung kematian. Tetapi jujur saja dulu saya juga takut dengan suara burung emprit ganthil. Terus apa sekarang sudah tidak takut mendengar suara emprit ganthil?? Jawabnya adalah "Sedikit takut hehehehehe....."
Apakah benar tentang mitos burung pembawa kabar kematian?? Kalau kita jawab menurut pengetahuan ilmiah, saya rasa belum ada fakta bahwa burung emprit ganthil adalah burung pembawa kabar kematian. Dari pada bicara mitos dan belum tahu pasti kebenarannya alangkah lebih baiknya kita membahas tentang siklus kehidupan burung emprit ganthil ini.
Burung emprit ganthil adalah jenis burung nokturnal atau jenis burung yang keluar pada malam hari. Jadi jarang sekali kita bisa mengetahui kegiatan burung ini. Burung emprit ganthil akan keluar siang hari ketika dia mau bertelur, ini merupakan keunikan dari emprit ganthil. Eh tidak tahu ini termasuk unik atau apa ya?? Menurut saya burung emprit ganthil merupakan burung yang licik, karena burung ini tidak membuat sarang ketika dia akan bertelur. Burung emprit ganthil bertelur pada sarang burung lain dan membuang telur burung yang sudah ada disitu kalaupun induk emprit ganthil tidak membuang telur burung lain maka ketika telur titipan ini menetas dia akan membuang telur yang masih ada.





Wah ternyata emprit ganthil sudah jahat semenjak menetas.
Apakah burung emprit ganthil hanya menitipkan telurnya saja?? Burung emprit ganthil tidak hanya menitipkan telurnya saja untuk diengkrami burung lain akan tetapi burung emprit ganthil tidak mau mengasuh anaknya alias menyewa pengasuh anaknya dengan gratis sampai anak burung emprit ganthil bisa mandiri atau mencari makan sendiri, burung yang dititipi telur burung emprit ganthil juga tidak sadar bahwasannya, telur yang diengkraminya bukan telurnya sendiri dan ketika menetas dia menganggap itu adalah anaknya, makanya dia mau merawat sampai burung ini bisa terbang. Wah berarti burung emprit ganthil termasuk burung yang kurang ajar, mau berbuat tidak mau tanggung jawab hehehehe.....
Dan berikut ini adalah sosok burung emprit ganthil yang sudah dewasa
Demikian tadi artikel tentang burung Emprit Ganthil dan mitos suara burung pembawa kabar kematian Semoga artikel ini menambah wawasan bagi kita semua. Salam Gubuk Kicau

0 comments:

Post a Comment