Memilih Kacer Sebagai Gacoan

Kacer adalah burung yang populer di kalangan pecinta burung. Burung kacer merupakan burung yang sering dilombakan. Merupakan idaman setiap penghobi burung yaitu memliki burung sebagai gacoan. Karena burung gacoan bisa menjadikan burung tersebut melambung harganya. Apakah anda termasuk orang yang ingin mempunyai burung gacoan?? Kalau jawabnya "iya" silahkan baca sampai tuntas.
Memilih Kacer Sebagai Gacoan merupakan hal yang mudah bagi penghobi burung yang sudah bertahun-tahun akan tetapi menjadi hal yang sulit untuk mereka yang baru saja menjadi penghobi burung. Burung kacer bakalan harganya berkisar diatas ratusan ribu dan untuk burung yang sudah sering menang kontes, maka burung tersebut menjadi mahal yaitu berkisar jutaan bahkan sampai puluhan juta.
Berbicara tentang burung kacer, burung kacer mempunyai beberapa sifat dasar, yaitu:

Burung yang mudah beradaptasi.
Burung Kacer merupakan burung  yang mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Burung petarung
Burung kacer merupakan jenis burung petarung yaitu apabila mendengar suara kicau burung lain atau suara burung sejenis maka semangatnya langsung membara

Birahi burung yang mudah naik.
Birahi burung kacer ini mudah naik bisa dikarenakan beberapa hal yaitu dikarenakan pemberian EF dan penjemuran yang berlebihan. Apabila birahinya berlebihan maka burung ini akan melakukan tingkah yang unik yaitu biasa orang menyebutnya mbedesi atau mbagong. Mbedesi atau mbagong yaitu mengepakkan kedua sayapnya sambil loncat sana loncat sini dibarengi dengan suara kicauan yang tiada henti.

Diatas tadi adalah penjelasan tentang sifat dasar yang dimiliki burung kacer adapaun ciri-ciri burung kacer yang bagus adalah sebagai berikut:
  1. Untuk burung gacoan pastikan bahwa burung kacer tersebut adalah jantan, perbedaan burung kacer jantan yaitu terletak pada bulunya. Burung kacer jantan terlihat mempunyai bulu hitam mengkilat.
  2. Mempunyai paruh yang pangkalnya lebar, tebal dan panjang. Pada bagian paruh yang bawah pastikan paruh tersebut lurus dan posisi lubang hidung dekat dengan posisi mata.
  3. Pilihlah burung kacer yang mempunyai mental tempur yang baik yaitu mempunyai kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot.
  4. Pada bagian badan pilihlah burung yang mempunyai postur tubuh yang sedang yaitu antara panjang leher, badan, ekor dan kaki yang serasi
  5. Pilihlah burung yang sehat yaitu sayap mengepit rapat dan mempunyai cengkraman yang kuat.
  6. Mempunyai bentuk leher panjang padat dan berisi.
  7. Lincah dan mempunyai nafsu makan yang baik.
Setelah anda mendapatkan burung yang demikian yang sudah dijelaskan diatas tadi, maka tugasnya tidak berhenti sampai disitu saja. Tugas anda untuk menjadikan burung ini sebagai gacoan masih panjang dan memerlukan ketelatenan. Tugas yang saya maksud adalah tugas anda untuk merawatnya, memasterkannya dll. Untuk perawatan burung kacer agar cepat gacor pernah saya tuliskan di artikel saya sebelumnya. Silahkan baca disini.
Demikian tadi artikel memilih kacer sebagai gacoan lomba semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment