Daftar 7 Burung Kicau Terpopuler di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang dihuni berjuta-juta jiwa. Indonesia adalah negara kaya akan hasil bumi, hasil laut, Budaya dan keaneka ragaman satwa. Kalau kita membahas kekayaan Indonesia mungkin terlalu luas. Pada kali ini saya akan membahas seperti judul blog saya yaitu Gubuk Kicau tentunya disini saya akan membahas tentang dunia burung yang ada di Indonesia. Untuk kekayaan Indonesia mungkin sudah banyak blog atau web yang membahas tentang itu. Jadi kalau anda ingin mencari tahu tentang kekayaan Indonesia maka silahkan anda browsing di google :)
Ngomong-ngomong masalah burung di Indonesia. Di Indonesia banyak sekali ragam burung yang dicintai para penggemar kicau mulai dari Cucak Rowo, Cucak Ijo, Cucak Rawis, Murai batu, Anis Merah, Anis Kembang dll. Dari sekian banyak burung tentunya ada yang paling banyak diminati atau disukai para penggemar burung kicau. Nah untuk mengetahui lebih dalam lagi silahkan simak tentang 7 Daftar Burung Kicau Terpopuler di Indonesia.

1. Burung Murai Batu
Belakangan ini burung murai batu sering menjadi perbincangan di kalangan pecinta burung kicau. Burung murai batu merupakan burung yang mempunyai suara yang bagus pandai dalam menirukan suara burung lain tentunya untuk menirukan sura burung lain tidak bisa langsung menirukan tetapi untuk menirukan suara burung lain yaitu dengan latihan yang rutin untuk melatih murai batu ada tips-tipsnya. Untuk Tips melatih murai batu sudah saya tulis pada blog atau web ini untuk yang belum sempat membaca silahkan untuk membacanya disini
Murai batu juga merupakan burung yang sering dipakai untuk lomba dan ketika murai batu memenangi lomba maka harga murai batu bisa melambung tinggi bisa mencapai harga puluhan juta. Pada akhir-akhir ini juga banyak para breder mulai mengembak biakkan atau beternak murai di rumah mereka. Beternak murai batu tidak mudah tapi bagi para breder senior mungkin itu adalah hal yang gampang. Nah untuk cara mengetahui cara beternak murai batu bisa dibaca disini


2. Burung Cucak Rowo
Burung cucak rowo merupakan burung yang mempunyai suara yang tidak kalah bagus dengan murai batu akan tetapi peminat cucak rowo hanya kalangan tertentu saja dikarenakan burung cucak rowo mempunyai harga yang melambung tinggi jadi untuk kalangan pecinta burung kicau yang mempunyai perekonomian yang pas-pasan maka tidak bisa untuk membeli burung cucak rowo tersebut.

3. Burung Kacer
Burung kacer masih termasuk dalam kategori burung terpopuler di Indonesia burung kacer juga merupakan burung aduan tetapi pamor burung kacer masih kalah dengan murai batu. Burung kacer mempunyai 2 jenis yaitu Kacer Lokal yang mempunyai warna hitam di seluruh bulunya dan Kacer Pocci yang mempunyai ciri-ciri mempunyai bulu putih dibagian dada sampai ke duburnya. Untuk Menjadikan burung kacer yang mempunyai suara bagus dan menjadikannya sebagai burung aduan maka diperlukan perawatan khusus dan latihan yang rutin. Cara-cara dalam merawat dan melatih Kacer bisa anda baca disini


4. Burung Pleci
Pada beberapa tahun yang lalu burung pleci masih dipandang sebelah mata oleh sebagian para pecinta burung kicau. Banyak yang belum mengetahui keunikan dari burung pleci tersebut. Jadi hanya beberapa saja orang yang mau memelihara burung pleci. Akan tetapi pada akhir-akhir ini burung mungil tersebut lagi naik daun. Banyak para penggemar burung kicau memburunya, memburu bukan berarti memburu di alam liar, akan tetapi memburunya di pasar-pasar burung dan harga burung pleci tersebut sekarang naik sedikit demi sedikit Burung Pleci mempunyai bentuk tubuh yang mungil, mempunyai suara yang indah dan sekarang banyak sekali orang yang menjadikan burung ini sebagai burung aduan atau burung lomba. Untuk melatih burung ini silahkan anda baca pada artikel sebelumnya dengan meng-klik disini

5. Burung Kenari
Burung kenari pada akhir-akhir ini banyak yang meninggalakan tetapi yang meninggalkan burung kenari bukan penggemarnya akan tetapi yang meninggalkan burung kenari adalah para peternak burung kenari. Mereka meninggalkan burung kenari dikarenakan harga jual burung kenari semakin terjun bebas. harga kenari terjun bebas itu berlaku pada kenari lokal, untuk harga kenari seri F masih melambung tinggi apalagi harga kenari yokshire. Untuk harga kenari Yokshire masih tetap stabil sampai sekarang.
Burung kenari mempunyai suara yang khas yang yaitu bisa ngerol sampai durasi beberapa detik, bahkan ada yang mempunyai durasi sampai hitungan menit.




6. Burung Cucak Ijo
Burung cucak ijo adalah burung pemakan buah-buahan yang mempunyai suara yang bagus juga dan kicauan cucak ijo mudah sekali terisi atau mudah menirukan suara burung yang lain. Harga burung cucak ijo termasuk dalam kategori menengah ke atas artinya burung cucak ijo masih bisa terjangkau dengan penggemar burung kicau yang mempunyai perekonomian yang pas-pasan.
Burung cucak ijo jarang sekali untuk diperlombakan, jarang bukan berati tidak ada. tetapi jarang disini mempunyai arti ada perlobaan untuk kelas cucak ijo tetapi sangat jarang. Walaupun jarang diperlombakan burung ini mempunyai tempat dihati para penggemar burung kicau.

7. Burung Jalak Suren
Burung jalak suren adalah burung yang mempunyai kicauan yang keras dan merdu. Tipikal burung ini adalah burung kolonial artinya burung ini bisa dijadikan satu dengan burung jalak suren yang lain didalam satu kandang. Biasanya para peternak mencampur dijadikan dalam satu kandang disaat burung ini msh berumur beberapa bulan. Setelah burung memasuki masa remaja maka burung ini dipisahkan gunanya untuk melatih kicauannya. Burung ini juga jarang sekali untuk dijadikan burung lomba. Harga burung ini sama satu kelas dengan cucak ijo yaitu kelas menengah ke atas.

Berikut  tadi 7 burung terpopuler pada umumnya yang ada di Indonesia. Sebenarnya tidak hanya 7 burung itu saja yang populer di negara ini. Masih banyak sekali burung-burung di Indonesia yang diburu para pecinta burung kicau

0 comments:

Post a Comment