Uniknya Sarang Burung di Alam Liar


Sarang atau tempat tinggal adalah suatu hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup mahluk hidup. Karena sarang adalah tempat untuk berlangsungnya proses reproduksi mulai dari bertelur, diengkrami induknya, menetas kemudian sampai dia bisa mencari makan sendiri. Dalam kasus diatas saya bercerita tentang proses reproduksi burung. Sebelum burung bertelur maka burung akan membangun sebuah sarang yang nantinya akan digunakan sebagai tempat menyimpan telurnya. Dialam liar, ketika burung akan membangun sebuah sarang. maka induk atau pejantan burung akan memilih tempat yang dianggap layak, nyaman dan bebas dari jangkauan predator pengganggu. Ketika burung sudah menemukan tempat tersebut maka dimulailah pembangunan sarang, dalam membangun sarang bisa memakan waktu beberapa hari bahkan ada juga burung yang membangun sarangnya hingga kurang lebih 1 bulan lamanya di sarang inilah yang nantinya digunakan sebagai tempat membesarkan anak-anaknya sampai kiranya anak burung tersebut bisa mencari makan sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas keunikan sarang yang dibuat oleh burung di alam liar. Langsung saja kita simak dibawah ini.

1. Sarang Burung Penenun
Burung penenun atau dalam bahasa inggris disebut weaver bird cenderung hidup berkoloni. Burung penenun jantan lah yang betugas untuk membangun sarang raksasa ini.

 

2. Sarang Burung Manyar
Burung manyar termasuk anggota keluarga Ploceidae. Burung pemakan bijian ini biasanya ditemukan di kawasan pedesaan yang masih memiliki lahan pertanian atau pinggiran hutan.
 


3. Sarang Burung Prenjak
Perenjak adalah nama segolongan burung kecil yang lincah dan banyak berkicau. Dahulu, kelompok burung ini dimasukkan ke dalam satu suku (familia) yakni Sylviidae, namun belakangan ini --menurut taksonomi Sibley-Ahlquist yang berdasarkan analisis DNA-- suku tersebut dipecah kekerabatannya menjadi Sylviidae (part) dan Cisticolidae.


4. Sarang Murai Batu
Burung Murai Batu (White-rumped Shama ) merupakan burung passerine dalam keluarga Muscicapidae. Ia dahulunya dikelaskan sebagai keluarga Thrush, Turdidae. Burung Murai ini merupakan salah satu daripada hewan yang terdapat di Malaysia, Sumatera, Kalimantan


5. Oven Bird
Oven Bird adalah burung endemik benua Amaerika. Untuk membangun sarang, burung ini menggunakan tanah liat atau lumpur, yang dicampur dengan serat, akar, dan jerami. Untuk membuat sarang menjadi keras, burung ini mengandalkan sinar matahari. Maka dari itu untuk membangun sarangnya burung ini memerlukan waktu yang lama dalam proses pengerjaannya. Burung jantan dan pasangannya saling bergotong-royong mempersiapkan “rumah” mereka untuk digunakan sebagai sarang tempat bertelur dan merawat anak-anaknya.

 

Demikian tadi artikel tentang Uniknya sarang burung di alam liar. Semoga menambah pengetahuan anda

Sumber gambar: wikipedia.org