Racikan Pakan Untuk Pleci

Pleci adalah burung kecil mungil mempunyai suara yang khas. Burung pleci mulai tahun 2014 banyak sekali penggemarnya dan sekarang burung kecil ini atau burung pleci ini sudah termasuk dalam burung aduan. Tentunya yang diadukan adalah suara atau kicaunya. Sebenarnya ketika burung menang dalam lomba maka sang pemilik hanya mendapatkan hadiah kecil tetapi efeknya adalah ketika burung menang dalam lomba maka nilai jual si burung akan naik drastis bisa jadi nilai jualnya jauh dari harga pasaran. Untuk mempunyai burung yang bagus selain dari faktor keturunan sang induk tentunya harus melewati beberapa proses dalam hal perawatann dan pemasteran.
Sebagai penggemar burung kicau pasti Anda akan memberikan yang terbaik untuk burung peliharaan anda entah itu dari pakan, minuman dan perawatannya. Anda rela berlama-lama dengan Burung peliharaan anda setiap hari apalagi kalau burung anda mempunyai keistimewaan tersendiri maka Anda akan ekstra hati-hati dalam memberi makan dan perawatannya. Bisa jadi anda tidak mau jauh dari burung itu. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang seputar dunia burung kicau. Yaitu tentang Membuat Racikan Pakan Untuk Pleci. Sebenarnnya pakan-pakan jadi yang dijual di toko pakan burung itu sudah bagus untuk kebutuhan vitamin akan tetapi kita akan lebih puas kalau kita sendiri yang membuat adonan untuk burung kita.
Oke langsung saja kita siapkan bahan pakan racikan untuk pleci:
  1. Kacang Hijau 1/4 Kg
  2. Telur 2 butir
  3. Gula Jawa secukupnya
  4. Gula Putih secukupnya
  5. Air secukupnya

Cara Membuat Racikan Pakan:
  1. Rebuslah kacang hijau, Gula jawa dan gula putih kedalam 1 wadah biarkan sampai kacang hijau menjadi lunak.
  2. Setelah kacang hijau melunak angkat dan saring kacang hijau, buang saja air bekas rebusan tadi.
  3. Haluskan kacang hijau tadi dengan cara menumbuk dengan ulekan atau apa saja yang bisa menjadikan kacang hijau tadi menjadi halus.
  4. Setelah halus masukkan telur kedalam adonan tersebut (sisihkan cangkang telur jangan dibuang karena nanti akan dijadikan bahan adonan pakan) campur telur sampai benar-benar tercampur.
  5. Hancurkan cangkang telur sampai lembut kemudian saring dengan ayakan makanan dan campur kedalam adonan kacang hijau dan telur tadi. ( Cangkang telur juga ikut dihaluskan dan dimasukkan ke dalam adonan. Cangkang telur ayam berfungsi sebagai sumber kalsium bagi burung pleci )
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang / tempat adonan.
  7. Loyang berisi adonan dimasukan kedalam oven.
  8. Pangganglah hingga kering.
  9. Keluarkan dari adonan yang sudah jadi tersebut dari oven lalu dinginkan sebentar.
  10. Ambillah sedikit potongan adonan secukupnya untuk ditumbuk atau dihaluskan lagi.
  11. Adonan yang sudah ditumbuk tadi bisa diberikan pada burung pleci kesayangan anda.
  12. Sedangkan sisa adonan bisa disimpan dalam toples, tutup toples tersebut dan pastikan tidak ada lubang sekecil apapun agar udara dan semut tidak masuk kedalam toples.
  13. Kemudian simpanlah toples yang sudah terisi sisa adonan ke lemari pendingin agar awet dan bisa digunakan lagi di hari berikutnya.
Racikan pakan burung pleci ini sangat bagus untuk pleci anakan yang sudah bisa makan sendiri bisa juga untuk pakan burung pleci yang ingin ditangkarkan atau dikembang biakkan.
Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment