Cara Perawatan Burung Yang Terkena Penyakit Mata (Snot)

Sobat Gubuk Kicau | Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang penyakit mata yang sering menyerang burung. Hampir semua jenis burung bisa terjangkit penyakit mata atau biasa yang disebut dengan istilah Snot. Penyakit snot sangat berbahaya dikarenakan akan mengurangi daya lihat mata sehingga mnyebabkan burung tidak bisa melihat apa yang akan dimakan lama kelamaan burung akan lemas dan bisa mengakibatkan kematian penyakit snot tergolong penyakit yang lama dalam masa penyembuhan. Untuk penyebab penyakit snot dikarenakan burung kekurangan nutrisi, kebersihan kandang yang kurang terjaga, sirkulasi udara yang kurang bagus dan penggunaan antibiotika/obat-obatan yang tidak tepat.
 
Ciri-ciri burung yang terkena Snot adalah sebagai berikut :
  1. Burung kurang aktif dan malas berkicau
  2. Mata burung berair
  3. Sering menutup kelopak mata
  4. Burung sering jatuh ketika berada di tangkringan
Ketika burung dicurigai terkena snot usahakan untuk sering memantaunya dan tambahkan multi vitamin, bersihkan kandang sebersih mungkin.

Untuk penanganan burung yang terkena penyakit snot yaitu sebagai berikut :
  1. Berikan obat tetes anti snot untuk mata, dengan tujuan mengobati dari luar. obat ini bisa anda dapatkan di toko pakan burung. Untuk cara pemakaian anda bisa baca aturan pakai yang tertera pada label obat.
  2. Berikan obat tetes anti snot untuk diteteskan di paruh dengan tujuan mengobati penyakit dari dalam. Untuk cara pemakaian anda bisa baca aturan pakai yang tertera pada label obat.
  3. Semprot kandang dengan rebusan daun sirih terutama pada tangkringannya, dikarenakan burung akan menggosok-gosokkan matanya pada tangkringan ketika mata terasa gatal. Daun sirih mengandung antibiotik alami yang berfungsi membunuh bakteri yang berada di kandang.
  4. Ingat jangan dimandikan terlebih dahulu burung yang sedang sakit.
Demikian tadi adalah Cara Perawatan Burung Yang Terkena Penyakit Mata (Snot). Dalam penanganan burung yang terkena penyakit berbeda-beda cara cara diatas adalah cara pada umumnya yang digunakan para kicau mania. Semoga bermanfaat sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

0 comments:

Post a Comment