Cara Memandikan Burung Yang Benar

cara memandikan burung yang baik          Di alam bebas sebagian burung atau bahkan hampir semua burung akan melakukan aktifitas mandi. Mandinya burung dialam bebas yaitu di sungai-sungai atau digenangan air. Di alam bebas biasanya burung melakukan kegiatan mandi pada waktu pagi hari sekitar jam 07.00 sampai dengan 10.00 setelah mandi maka burung akan melakukan pengeringan terhadap bulu-bulunya dengan cara mereka sendiri. Berbeda sekali dengan burung yang berada di sangkar mungkin sebagian burung akan merasa tersiksa karena sifat alaminya tidak bisa dia lakukan seperti mandi. Bagi pecinta burung maka mereka akan paham hal itu, maka dari itu mereka memberikan kandang khusus untuk mandi sang burung. Kandang yang dibawahnya terdapat kolam buatan yang terdapat didasar kandang atau sangkar. 
            Ketika waktu jam mandi burung sekitar jam 07.00 sampai jam 10.00 maka burung akan ditempatkan atau dipindah ke sangkar khusus untuk mandi kemudian mengembalikan lagi ke sangkarnya apabila burung sudah selesai mandi kemudian ditaruh di tempat yang terkena terik matahari seperlunya saja tidak perlu waktu lama untuk penjemuran.
Menurut saya cara memandikan burung dengan cara itu merupakan cara terbaik. Karena si burung tahu keadaan yang bagaimana, mereka mau melakukan mandi alasan kenapa cara tersebut merupakan cara terbaik dalam memandikan burung adalah :
  1. Burung tahu kondisi badannya sendiri ketika akan melakukan mandi. Misalnya burung sakit, burung yang sakit tidak akan mau untuk mandi ketika kondisi badannya lagi tidak sehat.
  2. Burung tahu kondisi bulu basah yang bagaimana yang baik bagi tubuh si burung tersebut.
Kalaupun anda ingin memandikan burung dengan cara menyemprot. Juga boleh-boleh saja asalkan anda juga harus paham kondisi burung yang bagaimana yang bisa untuk dimandikan. Misalnya:
  1. Kondisi cuaca di alam sekitar, maksudnya apabila kondisi cuaca yang mendung usahakan jangan memandikan burung, dikhawatirkan burung tidak bisa mengeringkan bulunya dengan sempurna dikarenakan cuaca lagi mendung.
  2. Jangan menyemprot burung dengan semprotan air yang begitu kencang, usahakan air yang keluar dari semprotan seperti air hujan atau spray.
  3. Usahakan jatuhnya air semprotan dari atas ke bawah jangan dari samping ke bawah, alasannya kalau air jatuh dari atas seperti air hujan yang jatuh dengan tujuan air yang disemprotkan tidak masuk ke dalam lubang hidung burung, tetapi kalau dari samping air yang disemprotkan masih bisa masuk kedalam lubang hidung.
          Demikian cara memandikan burung yang baik menurut saya. Bukan berarti cara yang lain salah karena setiap orang mempunyai cara sendiri-sendiri dalam merawat burungnya.

0 comments:

Post a Comment